Minggu, 20 Januari 2019

Waspada Gejala Perut Terasa Keras, Ini Alasannya

Gejala perut terasa keras yang dapat kapan saja tak diduga. Anda akan merasa tidak nyaman dan tentunya menimbulkan banyak kekhawatiran. Terlebih jika kondisi perut keras terjadi dalam kondisi sedang hamil. Ini alasan penting Anda perlu waspada ketika mendapatkan gejala perut yang terasa keras.

1. Ada Masa
Perut yang terasa keras dapat terjadi karena adanya masa di dalam perut. Masa yang dimaksud adalah adanya sesuatu yang terjadi di dalam perut, seperti tumor yang ada di dalam saluran pencernaan dan lemak. Perut yang keras juga bisa disebabkan oleh adanya gas yang menumpuk di dalamnya.

2. Asam Lambung
Gejala perut terasa keras yang Anda alami dapat pula disebabkan oleh asam lambung, Kondisi ini tentu saja perlu diwaspadai karena merupakan petanda adanya masalah pada perut Anda. Asam lambung terjadi karena adanya penumpukan gas di dalam saluran pencernaan. Perut akan terasa keras dan disertai dengan begah.

3. Radang Usus Buntu
Radang usus akan membuat perut Anda terasa keras yang dimulai dari daerah sekitar pusar dan perut sebelah kiri. Anda perlu hati-hati dengan alasan perut keras karena hal ini karena jika tidak segera dilakukan penanganan risikonya akan kesulitan untuk mencerna makanan.

4. Irritable Bowel Syndrome
Alasan yang tak kalah penting untuk Anda waspadai ketika mengalami perut keras karena terjadinya irritable bowel syndrome. Sebuah jenis gangguan pada pencernaan yang akan menyerang bagian usus besar. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini juga akan menimbulkan masalah pada pergerakan usus, seperti mengalami diare yang panjang.

5. Rahim yang Meregang
Bagi Anda yang sedang hamil kondisi perut keras dapat terjadi karena kondisi rahim yang mulai meregang. Kondisi ini terjadi karena bayi berada di antara rongga panggul dengan kandung kemih, dan rektum. Rahim pun memberikan tekanan pada perut Anda yang mengembang. Kondisi ini terjadi di masa awal kehamilan yaitu trimester pertama.

6. Janin Berkembang
Anda perlu waspada ketika mengalami perut tegang saat masa kehamilan yang disebabkan karena janin sedang berkembang. Ini menjadi sinyal agar Anda lebih berhati-hati dan menjaga makanan yang dikonsumsi. Pastikan makanan memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi agar pertumbuhan dan perkembangannya berjalan dengan optimal.

7. Sembelit
Perut keras juga dapat disebabkan oleh sembelit. Ini dapat terjadi pada masa kehamilan atau pun tidak. Ketidaknyamanan akan membuat Anda bolak balik kamar mandi karena sistem pencernaan mengalami masala. Anda bisa mengatasinya dengan segera melakukan pemeriksaan ke dokter atau mengonsumsi obat sembelit.

Inilah beberapa alasan gejala perut terasa keras yang perlu Anda waspadai. Ketika terjadi masalah pada perut lebih dari dua hari, jangan didiamkan karena berisiko buruk bagi kesehatan. Lakukan pemeriksaan sebelum kondisi menjadi semakin parah. Anda bisa datang ke dokter untuk melakukan konsultasi, jika obat tidak lagi bisa membantu mengatasinya.
Load disqus comments

0 komentar