Sabtu, 29 Desember 2018

Bubur Mpasi Terbuat Dari Resep Labu Kuning

Waktu yang sangat tepat untuk mulai memberikan makanan pendamping ASI ketika bayi menginjak usia 6 bulan. Kenapa harus usia 6 bulan? karena sistem pencernaan bayi sudah mulai siap untuk menerima tekstur dan jenis makanan lain yang lebih padat dibandingkan usia sebelumnya. Untuk usia 6 bulan sendiri bukanlah usia yang baku, tetapi di usia ini memungkinkan organ sistem pencernaan, kerongkongan dan perut bayi sudah mulai cukup siap untuk mencerna makanan pendamping ASI yang lebih padat. Cukup dengan Resep Labu Kuning berikut untuk bubur mpasi. Simak lebih lanjut resep labu kuning di artikel ini.


Disarankan agar makanan pendamping ASI yang diberikan kepada bayi harus memiliki kandungan protein, energi, dan mikronutrien yang sangat seimbang. Hal ini sangat penting untuk bayi yang tengah mengalami masa pertumbuhan. Selain hal tersebut, penyajian makanan sebaiknya dilakukan dengan cara yang sangat higienis. Karena guna menghilangkan risiko terkontaminasi bakteri serta kotoran.

Labu kuning sering kali dijadikan bahan untuk membuat berbagai makanan, mulai dari makanan asin sampai yang manis. Tidak jarang labu kuning dijadikan bahan campuran untuk membuat kolak yang rasanya enak. Selain itu labu kuning tidak hanya cocok disantap orang dewasa, bahan satu ini baik diberikan pada bayi juga untuk dijadikan bubur.

Memberi makanan pendamping ASI harus yang sabar, karenanya tidak mengherankan jika bayi langsung bisa mengkonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI) sesuai ekspektasi orang tua, perlu kesabaran. Di masa percobaan ini bersabarlah dan berikan cukup waktu untuk bisa belajar menikmati makanan selain susu formula dan susu Ibu.

Sebenarnya tidak akan lama, pada umumnya bayi akan mulai terlihat kegirangan ketika diberikan sendok yang didekatkan ke mulutnya. Ketika itu terjadi maka Ibu harus mulai menentukan menu makanan apa yang akan diberikan untuk bayi.

Membahas persoalan jenis/menu makanan pendamping yang akan diberikan kepada bayi, Alangkah baiknya jika ibu tidak sembarang saat memilih. Selektif dalam menentukan menu makanan yang akan diberikan untuk bayi. Tentunya makanan sehat dan bergizi tinggi harus lebih diutamakan. Karena memang tujuan awal MPASI ini agar kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan bayi terpenuhi agar terhindar dari bakteri.

Bagaimana Resep Labu Kuning untuk Bubur Mpasi?
Bahan yang perlu di persiapkan:
• 100 gr labu kuning, kupas, potong kotak
• 200 cc air yang sudah matang
• 1 sdm susu formula 1, larutkan dalam 160 cc dengan air hangat
• 1 sdt gula pasir

Cara Membuatnya:
• Rebus labu kuning sampai lunak (kira-kira air rebusan hanya tinggal 50 cc). Angkat, lalu dinginkan.
• Masukkan dalam blender, haluskan, dan disaring. Campurkan dengan susu formula 1 yang sudah dicairkan tadi, dan masukkan sedikit gula. Aduk yang rata. Untuk: 2 porsi bubur labu kuning.
Labu kuning mengandung betakaroten yang cukup tinggi, di dalamnya terdapat vitamin A untuk kesehatan mata dan kulit. Juga mengandung vitamin B1 untuk kesehatan jantung, vitamin B2 untuk kesehatan mata, kulit dan tenggorokan dan vitamin C untuk kekebalan tubuh, mencegah infeksi dan kanker untuk bayi.

Labu kuning juga mengandung zat besi yang berfungsi untuk pembentukan darahbayi pada , mengandung kalium untuk menjaga keseimbangan air dan elektrolit di dalam tubuh serta mengandung serta untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh yang terkandung di dalamnya juga yang sangat baik. Untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi pembentukan gumpalan darah yang dialami. Semoga dengan resep labu kuning ini bermanfaat untuk anda.
Load disqus comments

0 komentar